8:37 AM
1
TUGAS KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
Alternatif Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

Karya Ilmiah Lingkungan bisnis



NAMA : Muhammad Muqqarrabien Sakti
NIM     : 14.12.8162
KELAS  : 14-S1-SI-06


S  T  M  I  K   A  M  I  K  O  M   Y  O  G  Y  A  K  A  R  T  A
Tahun Ajaran 2014/2015


KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat ALLAH SWT, atas segala limpahan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini. Karya ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas ahir dari kuliah Bisnis.

Dorongan dari orang tua saya dan juga tidak lupa dukungan dari teman-teman saya yang begitu besar sehingga saya bisa menyelesaikan tugas karya ilmiah lingkungan bisnis ini dengan tepat waktu. Sehingga saya mengucapkan banyak terimakasih untuk semuanya.

Saya sadar bahwa karya ilmiah tentang Alternatif Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa 

ini masih jauh dari sempurna, maka saran dan kritik yang membangun dari pembaca amatlah saya harapkan demi sempurnanya karya ilmiah tentang Alternatif Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa. Semoga karya ilmiah lingkungan Alternatif Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa  dapat bermanfaat dan dipakai sebagai bahan referensi yang dapat memberikan wawasan luas dalam bisnis.



                                                                                                                        Penyusun


                                                                                                            Muh. Muqqarrabien Sakti


BAB I
PENDAHULUAN
A.Abstrak
Bagi yang masih berstatus sebagai mahasiswa, mungkin ada yang sering berfikir untuk mencari pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan sembari tetap menjalani tugas utama yaitu belajar. Tidak jarang pula kita memutar otak mencari alternatif pekerjaan dengan modal kecil yang sesuai dengan kantong mahasiswa. Namun sebenarnya dengan sedikit kreatifitas melihat peluang dan berani mengambil resiko, Anda bisa kog menemukan banyak sekali peluang bisnis untuk mahasiswa yang pas untuk dijalani.


BAB II
PEMBAHASAN
Dan pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa peluang usaha yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda para mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan sambilan. Dan yang pasti semua peluang usaha yang akan disajikan berikut ini, berlabel usaha modal kecil dan bisa dikerjakan diwaktu senggang Anda. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

1. Jasa Print dan Pengetikan

Yups, jasa print dan pengetikan memang menjadi salah satu alternative yang masih dan selalu menjanjikan bagi para mahasiswa. Terlebih untuk anda yang tinggal atau kost di seputaran lingkungan kampus, usaha yang satu ini sangat menjanjikan meskipun hanya dilakukan sebagai sampingan.
Tugas dari dosen, makalah, hingga skripsi semuanya membutuhkan bantuan jasa ini. Kenyataannya, dibanding mencetak tugas sendiri, saat ini masih lebih banyak mahasiswa yang memilih menggunakan jasa print dan pengetikan untuk memehuhi kebutuhan mereka. Alasan yang pertama karena tidak mempunyai perangkat cetak, dan alasan kedua karena tidak mau repot atau tidak mempunyai ketrampilan yang cukup untuk mengetik dan mencetak tugas dan keperluannya tersebut.
Hal terpenting yang dibutuhkan untuk mulai membuka bisnis ini adalah kemampuan dalam bidang pengetikan tersebut. Pasalnya, terkadang pelanggan pengetikan atau print cenderung akan kembali jika hasil jasa yang anda berikan memuaskan. Yang kedua tentunya peralatan komputer dan printer. Untuk masalah ini sebenarnya bisa diakali dengan pinjam teman atau membeli perangkat second yang lebih murah.
Dan yang ketiga adalah kesiapan waktu. Kenapa dengan waktu? Sebenarnya peluang potensial dari usaha ini adalah bisa memberikan jasa kapanpun diperlukan. Memang banyak counter pengetikan dan print yang sudah menjamur, namun bayangkan jika anda bisa melayani kapanpun dibutuhkan. Tentunya pelanggan akan lebih senang, terutama jika dijalin dengan sistem pertemanan nampaknya akan semakin potensial usaha yang satu ini.

2. Jasa Penterjemah

Mungkin peluang usaha yang satu ini masih belum terlalu banyak digarap oleh para mahasiswa jika dibandingkan dengan jenis usaha lain. Namun peluang sebagai penterjemah bisa dikatakan sebagai salah satu yang paling mudah dalam hal pengerjaannya. Selain tidak membutuhkan peralatan banyak selain perangkat ketik, peluang jasa penterjemah juga masih sangat potensial melihat makin banyak penerapan bahan berbahasa asing dalam materi-materi kuliah berbagai macam bidang. Lebih luas lagi peluang bisnis jasa ini juga tidak terbatas untuk para mahasiswa bahkan pelajar atau orang umum tak jarang juga memerlukan bantuan penterjemahan.
Yang paling penting dalam usaha ini adalah bisa melihat peluang kebutuhan dari mahasiswa lain akan jasa penterjemahan itu sendiri. Memang kemampuan berbahasa asing menjadi hal yang penting saat memulai bisnis ini. Hal tersebut betul jika anda ingin mengerjakannya secara individu alias dikerjakan sendiri. Namun dengan sedikit kreatifitas dan kemampuan management yang baik sebenarnya anda bisa mensiasatinya. Caranya adalah dengan mencari rekan atau mahasiswa lain yang mempunyai kemampuan bahasa asing yang bagus. Nantinya kita bisa menawarkan kerjasama dengan pembagian hasil yang bagus tentunya.

3. Menjadi Penulis Lepas

Suka menulis? Atau punya kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan? Jika iya, peluang bisnis untuk mahasiswa yang satu ini bisa jadi yang terbaik untuk anda. Selain mudah dalam pengerjaannya, lagi-lagi peluang usaha ini tidak membutuhkan modal banyak. Bahkan bisa dikatakan menawarkan jasa sebagai penulis lepas nyaris tanpa modal karena yang dibutuhkan benar benar hanya kemampuan menulis dan kreatifitas imajinasi kita. Terlebih lagi, yang menyenangkan dari peluang bisnis ini adalah secara umum bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, sehingga tidak mengikat waktu kita.
Peluang sebagai penulis lepas masih sangat potensial, karena pada dasarnya kebutuhan akan tulisan baik untuk kebutuhan media atau konten kreatif masih selalu dibutuhkan setiap saat. Tawaran penulis lepas bisa anda temukan dari berbagai sumber mulai dari offline seperti media cetak Koran, majalah atau yang sejenisnya hingga ranah online melalui blog atau website yang membutuhkan penulis konten. Bentuk tulisan yang dibutuhkan dalam jasa penulis lepas benar-benar sangat bervariasi mulai dari artikel umum dengan berbagai topik hingga tulisan kreatif seperti puisi dan cerpen.
Salah satu yang sedang tren saat ini adalah penulis konten buku. Kewajiban Anda nantinya adalah menyediakan tulisan dengan tema tertentu dalam jumlah yang cukup panjang. Kemudian naskah tersebut akan diseleksi untuk dimuat sebagai bagian dalam sebuah buku yang akan dicetak. Jika naskah anda diterima, maka anda akan mendapatkan fee yang jumlahnya cukup besar berkisar ratusan ribu rupiah.
Untuk memulai masuk pada peluang usaha ini, secara offline anda bisa mencari informasi pada perusahaan media cetak yang ada di wilayah anda. Memang pada awalnya naskah yang anda ajukan akan cukup sulit diterima. Namun dengan tetap mengirimkan dan sembari terus meningkatkan kualitas tulisan, pasti tulisan anda bisa diterima nantinya. Jika ingin yang lebih mudah anda bisa mencari peluang sebagai penulis lepas yang banyak bertebaran di internet. Rekomendasinya Anda bisa mencari di forum seperti Kakus atau pun web freelanace.



BAB III
PENUTUPAN

A.KESIMPULAN
Untuk jaman sekarang sangat mudah untuk mendapatkan tambahan penghasilan walaupun masih sekolah atau pelajar, karena era kecanggihan teknologi  informasi ini banyak sekali peluang, misal jadi reseller, atau dropsip yang tidak butuh modal uang, cukup memiliki akun media sosial gartis yang bisa di manaaftkan untuk berjualan, tapi ingat kewajiban utama kalian adalah sebagai seorang pelajar, jangan sampai karena anda keasyikan berbisnis lalu anda melupakannya, sekian karya ilmiah ini semoga bermanfaat untuk semua.

B.REFERENSI

https://www.maxmanroe.com/alternatif-peluang-bisnis-untuk-mahasiswa-dengan-modal-kecil.html


1 comments:

  1. trima kasih gan sangat bagus dan menarik bgt :D

    sekedar informasi ya kawan bagi anda yang kesulitan ngurus" surat" penting ,sim.stnk,dll bisa gunakan jasa" dibawah ini trimakasih
    biro jasa stnk
    biro jasa sim
    biro jasa bpkb
    biro jasa perizinan

    ReplyDelete

Translate